feed

Minggu, 06 April 2014

Cincin Matahari Hiasi Rejang Lebong

Penulis : rakyatbengkulu | Minggu, 6 April, 2014,10:28 | | 0 Komentar


Halo tampak di Rejang Lebong.
Halo tampak di Rejang Lebong.
FENOMENA Halo atau cincin matahari menghiasi langit Kabupaten Rejang Lebong (RL), Sabtu siang (5/4) sekitar pukul 11.45 WIB. Masyarakat yang menyadari kehadiran fenomena alam itupun tak menyia-nyiakan momen untuk menyaksikannya langsung dan mengabadikannya melalui kamera digital maupun HP.

Fenomena ini terakhir tampak di langit wilayah RL pada September 2012 lalu. Kemarin, fenomena ini berlangsung sekitar 1 jam.
Apa sebenarnya Halo Matahari? Menurut Wikipedia, pada dasarnya fenomena alam yang dinamakan Halo Matahari merupakan hal biasa. Ini merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya matahari.
Fenomena Halo terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi. Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya seperti pelangi di sekitar sumber cahaya atau mengelilingi matahari.
Sejumlah penulis di blog maupun beberapa website menegaskan, fenomena cukup sering terjadi di berbagai daerah di belahan bumi. Fenomena Halo Matahari bahkan lebih sering terjadi di Benua Eropa dan Amerika hampir 2 kali dalam seminggu.
Sementara di Inonesia tepatnya di Sumatera Barat, 30 September 2009 setelah peristiwa gempa, fenomena optik ini berlangsung selama 2 minggu. Tak hanya itu, di malam harinya juga terjadi bulan purnama dengan cincinnya.(cuy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar